Bahasan Seputar Lisensi Pilot yang Harus Diketahui

Profesi pilot menjadi profesi yang diminati banyak orang. Yang membuat orang tertarik jadi pilot tidak lain dan tidak bukan karena gaji besar. Gaji pilot bisa mencapai puluhan juta rupiah sebulannya. Namun, untuk bisa menjadi pilot bukan hal yang mudah karena salah satu syarat yang harus dimiliki ketika melamar di maskapai penerbangan adalah lisensi. Lisensi memiliki peran penting bagi pilot karena sebagai surat izin. Oleh karena itu, saat mencari sekolah pilot jangan asal pilih pastikan terlebih dahulu lisensi apa yang ada. Ini dikarenakan setiap lisensi memiliki jam terbang berbeda-beda. Semakin banyak lisensi, semakin banyak jam terbang yang dimiliki. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lisensi pilot, berikut ini bahasan seputar lisensi pilot.

Apa saja jenis-jenis lisensi pilot itu?

Lisensi pilot tidak hanya terdiri dari satu, tapi ada banyak. Lisensi pilot terdiri dari 4 jenis yaitu PPL, CPL, IR, dan MER. Keempat jenis lisensi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, berikut lebih jelasnya.

  • PPL (Private Pilot License), lisensi jenis ini akan didapatkan oleh Anda di sekolah pilot setelah menempuh jam terbang sebanyak 40 jam terbang. Pilot yang sudah memiliki lisensi ini, boleh membawa pesawat tapi pesawat dengan ukuran kecil dan hanya boleh saat siang hari tidak boleh malam hari.
  • CPL(Commercia Pilot License), jenis lisensi ini dapat dimiliki oleh Anda jika sudah menempuh 100-120 jam terbang. Keuntungan memegang lisensi CPL yaitu Anda sudah bisa membawa pesawat commercial baik itu yang berbayar atau tidak.
  • IR(Instrument Rating), merupakan surat izin untuk melengkapi lisensi sebelumnya yaitu CPL. Lisensi ini dapat digunakan oleh Anda untuk menerbangan pesawat baik itu di siang hari atau juga malam hari dalam kondisi cuaca tidak baik seperti kabut. Untuk mendapatkan surat izin ini, Anda harus menambah jam terbang sebanyak 10-20 jam terbang.
  • MER (Multi Engine Rating), adalah surat izin pilot untuk melengkapi semua jenis lisensi yang sudah didapatkan seperti PPL, CPL, dan IR. Untuk lisensi ini, Anda sudah diperbolehkan membawa pesawat dengan mesin ganda. Lisensi ini juga tidak hanya bisa membuat Anda jadi pilot tapi bisa jadi instruktur.

Jika Anda ingin cepat kerja dimaskapai penerbangan, ada baiknya memiliki semua lisensi di atas.

Berapa pentingnya memiliki lisensi bagi pilot?

Bahasan kedua yang harus Anda ketahui mengenai lisensi pilot yaitu berapa pentingnya lisensi bagi seorang pilot. Jawabnya sangat penting. Yang membuat lisensi pilot penting dikarenakan sebagai surat izin terbang. Bagi seorang yang ingin menjadi pilot tapi tidak ada lisensi, mana bisa keinginan untuk menjadi seorang pilot akan terwujud. Lain halnya dengan SIM. Mungkin ketika Anda tidak memiliki SIM tapi bisa mengendarai mobil atau motor, maka keinginan untuk membawa kendaraan jenis itu bisa tapi tidak di dunia penerbangan.

Apa saja manfaat yang akan didaptkan dengan memiliki lisensi lengkap?

Memiliki semua lisensi seperti PPL, CPL, IR, dan MER, tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi Anda yang memegang semua jenis lisensi. Manfaat yang akan didapatkan oleh Anda ketika memiliki lisensi lengkap yaitu mudah diterima di maskapai penerbangan, jenjang karir lebih baik, gaji yang diterima lebih besar, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan semua lisensi ini, tidak perlu sekaligus bila dana yang dimliki tidak mencukupi karena bisa diambil secara bertahap.

Untuk Anda yang ingin menjadi pilot, itulah bahasan mengenai lisensi pilot yang harus diketahui. Mudah-mudahan informasi ini berguna buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *